Manfaatkan Waktu Luang dan Kesehatan Untuk Taat Kepada Allah SWT

MANFAATKAN WAKTU LUANG DAN KESEHATAN UNTUK TAAT KEPADA ALLAH SWT


Kita gak boleh menyia-nyiakan waktu luang untuk tidak taat kepada Allah swt dan hanya bergantung sepenuh na kepada amalan yang telah lalu. Berusaha lah untuk memanfaatkan kesehatan, dan bekerja keras lah untuk mengisi waktu luang. Karena gax semua waktu bisa memberikan yang terbaik, dan setiap yang terlewatkan Insya Allah akan bisa didapatkan kembali. Dalam waktu luang ntu ada penyimpangan atau penyesalan, dan dalam kesendirian ada kecenderungan atau keresahan.

Umar ibn Khathab pernah berkata "Bagi kaum laki-laki diam itu adalah kelalaian, sedangkan bagi kaum wanita adalah nafsu yang membara."
Bazarjamher mengatakan, "Jika kesibukan ntu akan menyebabkan kelelahan, waktu kosong akan menimbulkan pembusukan."
Seorang yang bijak mengatakan, "Jika kau biarkan hari mu berlalu tanpa manfaat, dan jangan kau tanamkan harta mu pada sesuatu yang tidak produktif. Sebab, umur itu terlalu pendek untuk kau sia-siakan, dan harta itu terlalu sedikit untuk kau simpan dalam hal-hal yang tidak produktif. Terlalu disayangkan bagi orang-orang yang berakal untuk menghabiskan waktunya dalam hal-hal yang tidak bisa diambil manfaat dan kebaikannya, dan membelanjakan hartanya untuk hal-hal yang tidak menghasilkan pahala dan ganjaran."

Nabi Isa as. pernah berkata, "Kebaikan ntu ada tiga: Ucapan, Penglihatan, dan Diam. Barang siapa yang ucapannya selain Dzikir, maka dia telah melakukan sesuatu yang sia-sia. Barang siapa yang pandangannya tidak untuk mengambil pelajaran, maka sesungguhnya dia telah lupa. Barang siapa yang diamnya tidak karena berpikir tentang kebenaran, maka dia telah tenggelam dalam ketidakseriusan."

Di alam semesta ini hanya Allah swt lah tempat bergantung, tempat mendapatkan ketenangan, dan tempat merasakan kenikmatan menghadap-Nya. Allah swt adalah tempat kembali orang-orang yang takut, tempat berlindung orang-orang yang meminta perlindungan, dan tempat orang-orang yang meminta kedekatan.

"(Ingatlah) ketika kamu memohon pertolongan kepada Rabb-mu, lalu diperkenankan-Nya bagi mu." (QS. Al-Anfaal: 9)
"Dia melindungi, tapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya." (QS. Al-Mu'minun: 88)
"Sedang mereka tidak ada seorang pelindung dan pemberi syafaat pun selain darpada Allah." (QS. Al-An'am: 51)

Orang yang menyembah selain Allah swt, yang mencintai sesembahan nya ntu, dan yang merasakan kenikmatan cinta dalam kehidupan dunianya, sebenarnya telah dibunuh secara lebih keji daripada sekedar diracun.

Kalau pun kepada selain Allah swt, hamba ntu bisa mendaptkan kenikmatan dan kegembiraan, maka sesungguh na yang seperti ntu gak abadi, kenikmatan yang berpindah saja dari satu ke yang lain. Pada suatu waktu ia merasakan kenikmatan yang ini, tapi di lain kali sesuatu yang sama tidak memberinya kenikmatan yang sama seperti sebelumnya, bahkan mencelakakannya.
0 Responses

Posting Komentar


  • ShoutMix chat widget
    [Clos]

    Jumlah Pengunjung

    Locations of visitors to this page


    free counters